Sabtu, 14 Mei 2011

LAPORAN OBSERPASIPRODUKSI




LAPORAN OBSERPASIPRODUKSI
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran
 “ Ekonomi”

 









Disusun Oleh :
MITA FURI PURNAMASARI. AS
XI AP 1
Jl.Siliwangi No. 30 Kadipaten Telp. ( 0233 ) 661434
2010 / 2011





KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami curahkan kehadiarat allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, saya berhasil menyusun dan menyelesaikan laporan ini.
            Sesuai dengan tugas mata pelajaran “ Ekonomi “ yang diajukan, laporan ini saya susun sesuai dengan hasil Observasi yang saya lakukan. Sehingga  diharapkan pembaca dapat mengambil nilai-nilai penting yang ada dalam laporan ini.
            Isi pokok laporan ini yakni meliputi hasil Observasi yang dilakukan di desa masing-masing. Mengingat akan pentingnya observasi ini untuk memberikan suatu ganbaran ke depan dalam menjalankan suatu usaha sendiri.Sebab dengan Observasi ini dapat memberikan hal yang bermanfaat.
            Dengan itu semua saya berharap semoga laporan yang saya susun ini memiliki nilai manfaat bagi yang membacanya. Tapi sebagaimana pepatah mengatakan bahwa “ Tak ada gading yang tak retak “, yakni tiada satu pun yang sempurna, termasuk dalam penyusunan laporan ini. Untuk itu saya selaku penyusun memohon maaf yang sebesar-besarnya.
            Demikian pula saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini. Saya harapkan kritik dan sarannya dalam penyusunan laporan ini.

                                                                                    Kadipaten,    Februari 2011


                                                                                                   Penyusun


                                  
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I ISI  LAPORAN
1.1    Sejarah singkat berdirinya usaha
1.2     Jenis usaha produksi
1.3     Cara penanganan  produksi
1.4     Hasil produksi harian, mingguan, bulanan
1.5     Penyaluran produksi
1.6     Daftar statistik tentang peningkatan dan penghasilan
Produksi
BAB II PENUTUP
            2.1 Kesimpulan  dan Saran
           









BAB 1
ISI LAPORAN

1.1    Sejarah singkat berdirinya usaha
Di desa Kawunghilir Jalan Pasukan Sindangkasih  RT 01/RW 01 ada toko yang bernama “ Sahabat Tani “ yang lokasinya di pinggir jalan. Toko ini milik Bapak Nofian. Toko ini dibangun sekitar tahun 2010 sampai sekarang sudah hampir 1,5 tahun. Toko ini diberi nama “ Sahabat Tani “ , karena berhubungan dengan masalah pertanian dan produk/barang yang dijual mengenai produk pertanian. Misalnya saja pupuk, pestisida , insektisida, dll. Modal yang dikeluarkan untuk membangun toko ini sekitar Rp. 70.000.000,_ dan modal ini adalah modal milik sendiri.
Mengambil suatu usaha dengan membangun toko yang menjual produk pertanian karena ketika dulu bersekolah di SMK mengambil jurusan pertanian sehingga ilmu yang didapatkan ketika sekolah dikembangkan menjadi usaha yang bermanfaat dan menguntungkan. Toko ini buka pada pukul 06.00 – 17.30 WIB, toko ini juga dalam menjalankan usahanya tidak menggunakan pegawai/tenaga kerja dari luar melainkan dikelola oleh keluarga.
1.2    Jenis Usaha Produksi
Jenis usaha produksi di toko “Sahabat Tani“ yaitu pupuk,pestisida,insektisida,                                                                                              dll. Pupuk yang dijual diantaranya Urea, Phonska, SP36, ZA.
Ø  Urea
Pupuk ini sangat higroskopis.Pupuk Urea sangat mudah larut daalam air dan bereaksi sangat cepat, juga menguap dalam bentuk amonia.
Ø  Phonska
Pupuk ini biasa digunakan untuk merangsang pertumbuhan awal tanaman. Berwarna coklat kekuning-kunuingan. Mudah larut dalam air, tidak higroskopis sehinnga tahan disimpan lebih lama dan tidak bersifat membakar.
Ø  SP36
Pupuk ini berbentuk butiran dan berwarna abu-abu. Sifatnya agak sulit lrut dalam air dan bereaksi lambat sehinnga digunakan sebagai pupuk dasar.
Ø  ZA
Adalah pupuk buatan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara belerang.
 Produk yang dijual, dibeli dari produsen lain. Produk pupuk yang dijual dari produsen yaitu berasal dari daerah Jatiwangi. Sedangakan produk pestisida dan insektisida berasal dari produsen daerah majalengka yaitu Arta Tani.
Belanja produk dari produsen lain yaitu 1x seminggu. Membeli produk dari produsen lain harus lebih banyak karena untuk persediaan barang. Barang sedikit/banyaknya yang terjual tergantung terhadap banyaknya konsumen yang membutuhkan dan juga tergantung terhadap musim. Pupuk yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu Urea, karena harganya murah. Selain itu juga harga pupuk Urea disubsidikan oleh pemerintah,. Pupuk Urea ini sesuai denagan keadaan ekonomi masyarakat, tetapi ada juga yang menggunakan pupuk lain tergantung petani yang membutuhkannya.

1.3    Cara Penggunaan Prroduksi
Proses produksi pupuk diantaranya :
§  Urea
Bahan-bahannya : nitrogen 46 %
Cara penggunaan pupuk ini :
o   Dapat dipakai untuk semua jenis tanaman baik tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan, pertenakan, dan perikanan.
§  Phonska
Bahan-bahannya : nitrogen 15 %, P205 15 %, 2O 15 %, Sulfur 10 %
Cara penggunaan pupuk ini :
o   Pupuk phonska ini dapat digunakan untuk semua jenis tanaman serta pada berbagai kondisi lahan iklim dan lingkungan .

§  SP36
Bahan-bahannya : 205 36 %, sulfur 5 %
Cara penggunaan pupuk ini :
ü  Untuk tanaman semusim pupuk SP36 sebaiknya digunakan sebagai pupuk dasar sedangkan untuk tanaman tahunan diberikan pada awal / akhir musim hujan / segera setelah panen
§  ZA
Bahan-bahannya : Nitrogen 21 %, sulfur 24 %
Cara penggunaan pupuk ini :
v  Pupuk ZA sangat dianjurkan sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan untuk semua jenis tanaman. Unsur hara belerang sangat dinutuhkan tanaman sejak  awal pertumbuhan. Pupuk ZA dapat dicampur dengan pupuk lain.
1.4    Hasil  produksi harian, mingguan, bulanan
ü  Hasil produksi harian :
             Kurang lebih Rp. 2.000.000 / 3.000.000
            ( Produk pestisida dan pupuk )
            ( Tergantung yang membeli dan produk yang dibeli )
ü  Hasil produksi Mingguan :
Kurang lebih Rp. 15.000.000
( Produk pestisida dan pupuk )
            ( Tergantung yang membeli dan produk yang dibeli )
ü  Hasil  produksi bulanan :
Kurang  lebih Rp. 45.000.000
( Produk pestisida dan pupuk )
            ( Tergantung yang membeli dan produk yang dibeli )
           
1.5    Penyaluran Produksi
Toko ini menyalurakan produknya kepada para petani dan masyarakat yang membutuhkan. Penyaluran produk yang dijual di toko ini dengan membeli ke toko tersebut dan jika barang yang dibeli masyarakatnya banyak bisa diantarkan dengan angkutan yang berada di dekat toko tersebut.

            1.6 Daftar Statistik peningkatan dan penghasilan produksi

Daftar statistik minnguan toko ini dalam penjualan produknya







BAB 2
PENUTUP

2.1 Kesimpulan dan saran
Toko ini mempunyai keuntungan yang cukup besar  tetapi yang lebih menguntungkan yaitu penjualan pestisida dan insektisida.
Sekian penyusunan laporan dari kami, semoga apa yang disajikan dalam laporan ini memiliki nilai manfaat bagi para pembacanya, serta dapat menambah wawaasan. Tak lupa atas segala kekurangan dan kesalahan, baik dalam isi laporan maupun dalam penyusunan laporan ini, kami selaku penyusun memohin maaf. Untuk itu saran dan kritik tentunya sangatlah kami harapkan demi penyempurnaan dan perbaikan penyusunan laporan-laporan lainnya.






                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar